Penting Mengajarkan Kemandirian Kepada Anak

Sifat mandiri bukan hanya untuk orang dewasa saja. Namun sifat dewasa haruslah sudah dikenalkan sejak dini kepada anak. Tentu setiap orang tua menginginkan jika anaknya memliki sikap mandiri yang akan dibawanya ketika dewasa nanti. Sebelum lebih lanjut membahas kemandirian. Anda perlu mengetahui apakah sih mandiri itu? mandiri adalah sifat yang timbul dalam diri seseorang untuk tidak bergantung kepada orang lain. Sifat mandiri sangat lah perlu ada di dalam diri setiap orang terutama anak. Terkadang orang tua sering salah dalam mendidik anaknya sehingga bukan sifat mandiri yang tertanam justru malah sifat manja dan pemalas.

 pendidikan anak

Di dalam usia dini anak akan lebih mudah dalam menangkap pengajaran yang diberikan oleh orang tuanya salah satunya adalah pengajaran karakter yaitu mandiri. Kemandirian seseorang bukan semata-mata bisa terbentuk dengan sendirinya dalam waktu yang singkat, namun sifat mandiri haruslah sudah dipupuk dan ditanamkan sejak dini ke dalam diri anak sejak usia dini. Peran orang tua sangat lah penting dalam menumbuhkan karakter yang baik kepada anak. Orang tua lah sekolah pertama bagi anak-anaknya . Jadi jangan sembarangan dalam mendidik anak dengan membiarkannya bermanja. Bermanja dengan orang tua memang lah bukan masalah, yang menjadi masalah adalah jika itu dijadikan sifat dan dilakukan terus menerus. Sifat manja akan menjadikan anak sering menggantungkan orang lain padahal sebenarnya dia bisa melakukannya. Maka dari itu, jangan biasakan untuk memanjakan dan membuat anak anda menjadi pemalas.

 

Untuk mendidik anak menjadi anak yang mempunyai sifat mandiri tidak lah mudah. Banyak orang tua yang salah dalam mendidik anak. Mungkin saja tujuan dari orang tua tersebut adalah baik, namun mereka menggunakan cara yang salah. Sebenarnya ada banyak cara orang tua untuk mengajarkan kemandirian kepada anak. Salah satunya dengan mengajarkan anak menjadi pribadi yang mandiri dan membentuk karakter pengusaha. Cara tersebut adalah cara jika anda menginginkan anak anda kelak menjadi pengusaha yang sukses dan anda bisa mengajarkannya dari usia dini. Tidak perlu dengan cara yang susah untuk menyurunya melakukan ini itu, cukup dengan melihat kondisi disekitar, anda sudah bisa mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang mandiri.

 Hal pertama yang harus menjadi komitmen anda adalah janganlah suka memanjakan anak yang terlalu berlebihan. Boleh saja jika anda sesekali memanjakan anak, itu akan membuat anka anda senang. Namun jangan jadikan hal tersebut menjadi suatu kebiasaan dan dilakukan terus menerus. Jika anda membiarkan anak untuk terus manja, itu akan menjadi sifat yang nantinya akan menyusahkan anak itu sendiri ketika dewasa nanti. Mulailah untuk tidak menuruti semua yang anak minta. Jika merupakan hal yang naik anda bisa menurutinya, namun jangan menuruti permintaan anak anda yang menyebabkan anak ana menjadi pemalas. Misalnya saja, jika anak meminta untuk mengambilkan sesuatu seperti air minum yang padahal ia bisa mengambilnya sendiri. Jangan membiasakan untuk itu. Anak anda akan menjadi pemalas jika anda menuruti kemauannya tersebut.

 

Kedua, mulailah mengajarkan kepada anak untuk melakukan sesuatu yang bisa ia lakukan sendiri tanpa meminta bantuan oarang lain. Tentu anda juga harus mengetahui batas-batasnya. Mualilah dengan hal kecil misalnya, ajarkan anak untuk membereskan mainan sendiri setelah ia selesai bermain. Hal itu merupakan hal yang sepele namun penting untuk dilakukan. Tentu lah ketika anda mengajarkan hal tersebut kepada anak, dengan bahasa yang halus dan tidak menekan. Jangan sampai anak berfikir bahwa anda tidak menyukai nya karena anda memerintahkan anak dengan bahasa yang kasar. Hal ini yang sering dilakukan orangtua kepada anak padahal hal tersebut adalah salah. Dengan meminta anak untu melakuka hal yang bisa ia lakukan sendiri, tentulah menjadi pengajaran yang menjadi bekal anak nantinya ketika dewasa.

 Ketiga, setelah anda mengajarkan anak untuk melakukan sesuatu yang bisa ia lakukan sendiri, hal berikutnya adalah ajarkan kepada anak untuk mengahargai sesuatu meskipu itu adalah hal kecil. Mengajarkan sifat mandiri bisa dimulai dengan anda mengajarkan untuk menghargai sesuatu. Jika anak sudah bisa untuk menghargai sesuatu atau karya orang lain tentulah mereka menjadi tahu bahwa harus ada usaha jika menginginkan sesuatu. Apabila anda telah berhasil mengajarkan anak hal tersebut, tidak mustahil anak anda akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Menghargai sesuatu itu sangat penting, karena dengan menghargai anak akan cenderung tidak suka menyia-nyia kan sesuatu. Mereka akan berfikir lagi karena meskipun hal kecil tetap harus ada usaha yang dikorbankan untuk memdapatkannya.

Ke empat, anda bisa mulai mengajarkan kemandirian kepada anak dengan menajarkannya agar mempunyai target. Yang dimaksud target disini adalah keinginan atau ide yang mereka inginkan. Namun setelah anak sudah memiliki target atau kwinginan yang hendak ia capai. Orang tua harus lah memberi dukungan dan motivasi kepada anak misalnya saja dengan memberikan hadiah jika mendapatkan nilai yang bagus dan lain lain. Dengan adanya hadiah yang dijanjikan, biasanya anak lebih giat dalam meraih apa yang mwnjadi kwinginan atau targetnya. Ini biasanya yang sering dilakukan oleh para orang tua agar anaknya menjadi lebih mandiri dan terpacu untuk lebih baik.

 pendidikan anak

kelima, jika anak sudah mulai mengerti akan kemandirian, ajarkan mereka untuk bisa melihat peluang yang ada di sekitar. Cara yang terakhir ini jufa bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan di dalam diri anak. Dengan melihat peluang yang ada di sekitar anak anda lebih terbuka akan maaa depan. Selain itu, berikan anak anda kesempatan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan memberikan keswmpatan kepada anak untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya, secara tidak langsung juga mengajarkan anak untuk lebih bersikap dan tanggap terhadap masalah. Tentunya orang tua juga ikut dalam mengawasi bukan langsung menyerahkan semuanya kepada anak. Jika anak sudah terbiasa untuk menyelesaikan masalahnya sendiri tentu akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan juga. Karena salah satu tugas dan sifat pemimpin adalah bisa menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dengan solusi yang tepat. Cara ini juga bisa membuat anak anda lebih percaya diri untuk menyampaikan solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi.

Demikian itulah cara atau tips mengajarkan anak agar mempunyai sifat mandiri. Sebenarnya masih banyak cara untuk mengajarkan sifat mandiri kepada anak. Tak perlu langsung memberikan anak ketentuan atau peraturan khusus yang sifatnya keras, namun memulai dengan hal kecil yang biasa dilakukan itu sudah bisa membantu anak lebih bersifat mamdiri. Anak bisa diarahkan dan dibimbing untuk menjadi pribadi yang mandiri asalkan peran orang tua juga terlibat. Karena tidak mungkin sifat kemandirian dalam diri anak tumbuh jika pola asuh yang diberikan kepada orang tua juga salah. Jadi, bukan hanya kemampuan anak saja, namun peran orang tua juga mempengaruhi tumbuhnya sifat kemandirian di dalam diri anak.